MAKALAH KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI : Makalah Komunikasi Antarpribadi

Author
Published April 06, 2022
MAKALAH KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI : Makalah Komunikasi Antarpribadi

MAKALAH KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI : Makalah Komunikasi Antarpribadi



Terkadang ketika kita diberi tugas untuk membuat sebuah makalah, kita kebingungan menentukan tema apa yang akan kita buat dalam makalah. Makalah sering kita dengar sebagai sebuah karya tulis ilmiah yang diberikan oleh dosen sebagai tugas. Makalah sekilas hampir mirip dengan skripsi. Hanya saja, makalah lebih sederhana komponennya. Dalam sebuah makalah terdiri dari pendahuluan, isi dan penutup.


Tema komunikasi antarpribadi bisa Anda jadikan sebagai tema makalah Anda. Bagaimana membuat makalah komunikasi antarpribadi? Tentu acuan penulisan makalah tidak berbeda dengan acuan penulisan sebuah skripsi. Artinya teknik penulisan makalah sama dengan teknik penulisan skripsi, hanya struktur isinya yang berbeda.


Sebelum Anda membuat makalah komunikasi antarpribadi, ada baiknya Anda tahu dulu apa itu komunikasi antarpribadi. Secara teoritis, komunikasi antarpribadi oleh Joseph A. Devito (1989:4) diartikan sebagai proses pengiriman dan penerimaan pesan-pesan antara dua orang atau di antara sekelompok kecil orang-orang, dengan beberapa efek dan beberapa umpan balik seketika. Jadi komunikasi antarpribadi dapat berlangsung antara dua orang yang memang sedang bercakap-cakap.


Pentingnya komunikasi antarpribadi karena prosesnya memungkinkan berlangsung secara dialogis. Dialogis adalah bentuk komunikasi antarpribadi yang menunjukkan terjadinya interaksi. Mereka yang terlibat dalam komunikasi bentuk ini berfungsi ganda, masing-masing menjadi pembicara dan pendengar secara bergantian.


Pada hakikatnya komunikasi antarpribadi adalah komunikasi antara komunikator dengan komunikan. Komunikasi ini paling efektif mengubah sikap, pendapat, atau perilaku seseorang. Lalu, apa yang menjadi ciri-ciri komunikasi antarpribadi?


Ciri-Ciri Komunikasi Antarpribadi

Keterbukaan. Kemauan menanggapi dengan senang hati informasi yang diterima di dalam menghadapi hubungan antarpribadi.

Empati. Merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain.

Dukungan. Situasi yang terbuka untuk mendukung komunikasi berlangsung efektif.

Rasa positif. Seseorang harus memiliki perasaan positif terhadap dirinya, mendorong orang lain lebih aktif berpartisipasi, dan menciptakan situasi komunikasi kondusif untuk interaksi yang efektif.

Kesetaraan. Pengakuan secara diam-diam bahwa kedua belah pihak menghargai, berguna, dan mempunyai sesuatu yang penting untuk disumbangkan.


Teori-Teori yang Dapat Dijadikan Rujukan dalam Makalah

Teori Relationship. Dalam hubungan yang terjadi antarmanusia dalam berkomunikasi yang didasari pada keadaan psikologis yang mereka miliki.

Teori Kebutuhan Antarpribadi. Membahas serta menerangkan secara keseluruhan dan mendalam tentang konsep-konsep dasar dari hubungan antarpribadi yang terjadi antarmanusia, seperti kebutuhan akan inklusi, kontrol, dan afeksi.

Teori Presentasi Diri. Teori yang mempelajari tentang usaha seseorang untuk mempresentasikan diri sendiri sebaik-baiknya dalam pergaulan sesuai dengan perannya dalam situasi yang diwakili oleh peran yang dimilikinya.


Contoh Tema Makalah Komunikasi Antarpribadi

Kemampuan Diri. Tema ini mengupas tentang seluk-beluk konsep diri yang ada dalam diri setiap individu. Konsep diri yang dijadikan sebagai indikator dalam berperilaku, hubungan saling menguntungkan, dan sebagai dialog internal.

Komunikasi Keluarga. Dalam sebuah keluara terdiri atas beberapa anggota keluarga di dalamnya yang saling berinteraksi satu sama lain dan membentuk pola komunikasi yang berbeda-beda. Jadi tema ini mengulas bagaimana hubungan antarpribadi dalam sebuah keluarga.

Kemampuan Nonverbal. Mengulas mengenai kemampuan nonverbal setiap orang yang tidak sama, bahwa masing-masing kita memiliki bahasa nonverbal tersendiri dalam memaknai dan menyampaikan sesuatu kepada orang lain. Kemampuan nonverbal mempengaruhi tingkat pemahaman seseorang terhadap perilaku orang lain.

Post a Comment

Pages

Copyright © 2021