Mau Sukses? Bacalah Al Quran dan Terjema

Author
Published April 21, 2022
Mau Sukses? Bacalah Al Quran dan Terjema

Mau Sukses? Bacalah Al Quran dan Terjema

Tak seorang pun yang tak ingin menjadi orang sukses. Namun tak semua pula bisa mencapainya. Apa sebabnya? Jawabannya, karena tidak belajar dari kitab yang menuntunnya untuk sukses. Sebagai muslim, sejatinya tak perlu susah-susah mencari kitab penuntun kesuksesan. Al Quran dan terjemahannya bisa menjadi pembimbing menuju kesuksesan. Lho, kenapa mesti Al Quran dan terjemahannya?



Jelas, jika Anda membaca Al-Quran saja maka yang Anda dapat hanyalah pahala membacanya. Tapi, jika Anda membaca Al Quran dan terjemahannya yang Anda dapat dua. Yaitu, pahala dan paham maksud kandungan ayatnya. Kembali bicara soal sukses yang diajarkan di dalam Al-Quran. Adakah formula sukses yang diajarkan di dalam Al-Quran? Jawabannya, ada.

Coba baca surat Al-An’am ayat 38.

“Tidak Kami luputkan sesuatu pun di dalam al-Kitab.”

Artinya, Allah Swt menyuruh kita untuk mengkaji apa yang berhubungan dengan kita melalui Al Quran dan terjemahannya. Pasalnya, yang kita kesahariannya tidak menggunakan bahasa Arab tentu saja tidak mengetahui artinya, karena itu membutuhkan terjemahan Al-Quran. Bahkan, orang Arab sendiri saja untuk memahami Al-Quran, masih membutuhkan tafsir untuk sampai kepada maksud ayat dengan jelas dan terang.

Formula Sukses Setelah Membaca Al Quran dan Terjemahannya

Bagaimana sih konsep sukses dalam Islam? Apakah cuma sekedar berhasil meraih apa yang diinginkan? Untuk menjawabnya, Anda silahkan bacalah surat ash-Shaf ayat 10,

“Wahai orang yang beriman, maukah Kutunjukkan kalian pada satu perdagangan yang dapat menyelamatkan kalian dari azabg yang sangat pedih.”

Nah, apa yang Anda pahami dari ayat Al Quran dan terjemahannya tersebut? Tepat. Allah menginginkan kita sukses bukan hanya di dunia tapi juga di akhirat. Allah menginginkan sukses dunia-akhirat.

Di dalam surat Al-fathir ayat 29, Allah Swt menjelaskan formula sukses. Allah Swt. berfirman,

“Sesungguhnya orang-orang yang membaca kitab Allah, mendirikan shalat, menafkahkan sebagian dari yang telah Kami rezekikan kepada mereka, baik secara sembunyi maupun terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi.”

Tentunya, Anda tidak puas dengan membaca terjemahan ayat ini saja. Karena itu segeralah baca Al Quran dan terjemahannya kembali biar Anda bisa merasakan indahnya bahasa al-Qu’ran dan petunjuknya.

Berdasarkan ayat Al Quran dan terjemahannya tersebut, dapatlah diketahui bahwa hanya tiga formula meraih kesuksesan atau perniagaan yang tidak merugi. 

1. Membaca kitab Allah

Kitab Allah yang dimaksud adalah, Al-Quran. Kenapa harus membaca kitab Allah? jawabannya agar kita bisa melalui perjalanan meraih kesuksesan dengan tenang. Tidak tenang bisa maksudnya tidak menyerah ditimpa kesusahan, tidak sombong bila mendapat kenikmatan. Tentunya, perintah membaca tersebut bukanlah sekedar membaca al-Quran begitu saja. Tapi dengan maknanya. Karena itu, bacalah Al Quran dan terjemahannya.

Boleh dikatakan, kehidupan yang dialami manusia antara satu dengan lainnya tidak jauh berbeda. Jika merasa kesulitan, setiap orang juga merasakan. Maka bersabarlah dan lalui dengan penuh keyakinan bahwa ini ujian dari Allah dan pasti bisa melawatinya. Inilah formulanya yang diajarkan di dalam Al-Quran.

Cobalah baca Al-Quran dan terjemahan dari surat Al-Insyirah ayat 5-6. Plus, baca ayat Al Quran dan terjemahannya juga dari surat Al-Baqarah [2]: 286.

”Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.”

2. Mendirikan shalat

Shalat menjadi formula kedua untuk meraih kesuksesan dalam hidup. Shalat bisa bermakna khusus dan umum. Jika bermakna khusus yaitu shalat yang diawali dengan takbir dan diakhir dengan salam. Sedang yang bermakna umum adalah doa. Keduanya memang berperan dalam meraih kesuksesan. 

Namun, bila dilihat di dalam Al Quran dan terjemahannya, penggunaan kata shalat lebih pada yang khusus. Karena di dalam shalat juga ada doa, baik dilakukan saat sujud terakhir maupun usai melaksanakan shalat.

3. Bersedekah

Bila dibaca di dalam Al Quran dan terjemahannya, cukup banyak ayat Allah menganjurkan kita berbagi kepada orang. Logika berpikir manusia memang menyatakan ini tidak masuk akal. Ingin meraih kesuskesan dalam materi malah disuruh untuk membagikan harta yang dimiliki kepada orang lain. Tapi begitulah Allah menunjukkan kemahakuasaannya. Dengan menafkahkan harta yang dimiliki, Allah akan berjanji menggantinya dengan berkali-kali lipat.

Cobalah baca Al-Quran dan terjemahan, tepatnya di surat Al-Baqarah ayat 261,

“Perumpaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui.”

Tentunya, tiga formula sukses yang dipelajari dari Al Quran dan terjemahannya tersebut membutuhkan semangat dan keseriusan. Pasalnya, tak sedikit orang yang melupakan shalatnya lantaran sibuk mengurus hal duniawi. Padahal, berhasil atau tidak urusannya tergantung pada ketentuan Allah. Shalat, baca Al-Quran dan sedekah adalah hal sekilas mudah dilakukan, namun nyata berat pelaksanaannya.

Surat Al Quran dan Terjemahannya yang Layak Dibaca

Ada tiga surat Al Quran dan terjemahannya yang layak dibaca setiap hari. Ketiga surat ini bisa membantu kita dalam meraih kesuksesan yang ingin diraih. 

1. Surat Yusuf

Siapa yang tak mengenal nabi Yusuf. Nabi Allah yang mengalami banyak cobaan, namun dapat dilaluinya hingga akhirnya ia mendapatkan kesuksesan. Cobalah untuk membuka Al Quran dan terjemahannya lalu cari Surat Yusuf. Bacalah dengan perlahan-lahan dan resapi kandungan maknaya. Kesulitan yang kita hadapi belum ada apa-apanya dengan kesulitan yang dirasakan nabi Yusuf.

Jika kita merasa disepelekan atau dikucilkan, tidak memiliki bekal hidup dan sebagainya, itu belum ada apa-apanya bila dibandingkan dengan nabi Yusuf yang dimasukkan ke dalam sumur, yang merasakan pernah jadi budak dan bahkan pernah dijebloskan ke dalam penjara.

Karena itu, bacalah surat yusuf mengunakan Al Quran dan terjemahannya usai melakukan shalat subuh. Biar Anda merasakan, jika Anda susah saat ini, ada hamba Allah yang susah namun dia bersabar akhirnya dia jadi orang sukses.

2. Surat Al-Fath

Selain surat Yusuf, surat Al-Fath juga layak Anda baca. Tentunya dengan menggunakan Al Quran dan terjemahannya. Al-fath artinya kemenangan. Dengan membaca Al-Fath, Allah menjelaskan bahwa meraih kesuksesan dengan cara Qur’ani akan membawa kemenangan. Jaminan kemenangan yang diberikan Allah adalah ampunan atas dosa yang telah lalu dan akan datang, serta disempurnakan Allah nikmatnya (QS. Al-Fath [48]: 2).

Dapat dipahami, meraih kesuksesan dengan cara Al-Quran, akan mendapatkan kesempurnaan nikmat. Bukankah kesempurnaan nikmat bagian tertinggi yang ingin diraih oleh orang yang sukses? Karena itu, jadikanlah surat al-fath sebagai bacaan Al Quran dan terjemahannya sehari-hari kita. 

3. Surat Al-Mulk

Surat al-Mulk juga layak dibaca. Tentunya membaca sura al-Mulk dengan menggunakan Al Quran dan terjemahannya. Sesuai dengan artinya, mulk adalah memiliki. Dengan membaca dan meresapi maknanya kita menjadi paham, bahwa setiap hari kita ketemu dengan mati dan hidup. Perintah Allah tehadap kita adalah berbuat sebaik-baik amal (QS. Al-Mulk [67]: 2)

Arti mati adalah dari ada menjadi tidak ada. Sedangkan arti hidup, dari tidak ada menjadi ada. Hari ini kita ada bersamanya, besok sudah tidak ada dan berganti dengan hari yang lain. Maka manfaatkanlah hari ini dengan sebaik-baiknya. Kita harus memiliki hari ini dengan aktivitas yang terbaik. Bukankah ini pola pikir orang sukses? Pola pikir yang tak ingin melalui hari yang bersama dengan hal tidak berguna.

Oleh karena itu, mulailah dari hari ini untuk membaca Al Quran dan terjemahannya dengan rutin. Jika memiliki waktu bacalah ketiga surat yang direkomendasikan tersebut. Plus, resapi makna dari kandungan surat tersebut. Karena Allah menurukan surat-surat tersebut agar memberikan manfaat yang besar untuk hamba-Nya. 

Kini, tinggal hamba-Nya mau tidak untuk membacanya. Ingat, bacalah Al Quran dan terjemahannya agar Anda bisa menyelam sambil minum air. Maksdunya, dapat pahala membaca Al-Quran dan dapat pemahaman terhadap apa yang dibaca dan bisa diterapkan dalam kehidupan.    


Post a Comment

Pages

Copyright © 2021